6 Cara Ampuh Supaya Android Tidak Boros Paket Data


Ocean App - Sobat Ocean semua pasti setuju bahwa internet sudah menjadi salah satu kebutuhan pokok. Baik untuk kepentingan bisnis hingga hiburan semata, internet memiliki peran besar dalam mendukung kegiatan kita. Dan tanpa sokongan Wi-Fi, rasanya kebutuhan akan internet bisa menjadi beban tersendiri.
Berikut ini adalah tips agar penggunaan internet via paket data di Android sobat bisa lebih terpantau dan tidak boros lagi! Cekidot.

1. Cek & Atur Pemakaian

 

Pertama-tama, sobat wajib mengetahui konsumsi internet lewat paket data setiap hari. Caranya adalah dengan masuk ke menu Setting > Wireless & Networks > Data Usage untuk melihat besar pemakaian paket data sobat selama satu bulan. Sebagian tipe handphone juga dapat menampilkan statistik pemakaian paket data harian.
Amati aplikasi mana yang paling banyak mengonsumsi internet di Android sobat. Mulai batasi pemakaian yang tidak perlu, atau non-aktifkan akses data selular untuk beberapa aplikasi sehingga mereka hanya akan bisa diakses ketika handphone sobat tersambung dengan jaringan Wi-Fi.

2. Gunakan Data Saver (Android 7.0+)


Pengguna Android 7.0 Nougat dan penerusnya perlu berbahagia. Sobat bisa memanfaatkan fitur baru yang tersedia yakni Data Saver yang bisa membantu mengatur penggunaan paket data.
Data Saver akan membatasi penggunaan background data pada semua aplikasi secara default, kecuali pada aplikasi yang kita masukkan dalam whitelist.

3. Gunakan Datally by Google (Android 5.0+)


Datally merupakan aplikasi penghemat data yang diusung Google sebagai alternatif bagi pengguna Android yang belum meng-upgrade sistem operasinya. Selain membantu dalam mengatur batasan pemakaian paket data pada tiap aplikasi, Datally juga akan membantu pengguna untuk menemukan jaringan Wi-Fi terdekat.
Yang unik dari Datally adalah, saat diaktifkan, kita akan menjumpai pemberitahuan tentang konsumsi data secara real time pada setiap aplikasi yang diberikan izin akses layanan.

4. Batasi Background Data secara Manual


Tanpa bantuan aplikasi, sobat masih bisa membatasi penggunaan background data di setiap aplikasi lewat jalur manual. Kembali ke Setting > Wireless & Network > Data Usage untuk mengatur penggunaan background data dari setiap aplikasi. Sobat bisa memilih untuk memberi limit atau menonaktifkan penggunaan background datanya. Selain itu, nonaktifkan pula background update otomatis dari semua aplikasi.

5. Hindari Iklan

Ads atau iklan dalam aplikasi tidak hanya mengganggu kegiatan kita, namun juga ikut berkontribusi dalam penggunaan paket data. Untuk itu, sobat bisa memilih salah satu alternatif, yaitu dengan mematikan paket data saat mengakses aplikasi yang berisi iklan, atau membeli versi berbayar dari aplikasi tersebut yang pastinya tidak lagi berisi iklan.

6. Jangan Hapus Cache Aplikasi yang Sering Dipakai

Apakah sobat termasuk tipe orang yang rutin membersihkan ‘sampah’ pada handphone dengan bantuan aplikasi yang menghapus cache data secara otomatis? Ada baiknya sobat mempertimbangkan untuk menyudahinya sebagai usaha penghematan pengunaan paket data.
Pertahankan cache dari berbagai aplikasi yang sering sobat akses semisal Google Maps agar aplikasi tak perlu terus-terusan memuat ulang data yang sama. Dan ketika sobat sedang mengakses Wi-Fi, luangkan waktu untuk menyimpan lebih banyak cache dari aplikasi yang sering sobat gunakan. Selamat mencoba!

Sumber :JalanTikus

No comments